Menu

Konservasi Sumberdaya Hutan

Konservasi Sumberdaya Hutan

Deskripsi

Konservasi Sumberdaya Hutan merupakan program studi yang mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang perlindungan dan pelestarian ekosistem hutan. Fokus studi ini, adalah pembelajaran tentang penyelamatan, perlindungan, pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya hutan secara bijaksana. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga kelestarian sumberdaya hutan, sehingga dapat menjadi penyangga kehidupan secara berkelanjutan.

Keahlian

Kemampuan riset, analisis, dan intrepretasi data

Kemampuan komunikasi yang baik, secara lisan maupun tulisan

Senang menjelajah alam

Kemampuan menggunakan teknologi

Mata kuliah yang dipelajari

Mata kuliah yang akan dipelajari dalam jurusan Konservasi Sumberdaya Hutan dapat bervariasi, tergantung pada program studi dan kurikulum universitas tertentu. Beberapa mata kuliah umum yang sering diajarkan dalam program Konservasi Sumberdaya Hutan, di antaranya Konservasi Sumber Daya Alam Hayati, Perilaku Satwaliar, Kebijakan dan Kelembagaan Konservasi, Etnobiologi Hutan, Analisis Spasial Lingkungan, Interpretasi Alam, Ilmu Hutan Kota, Pengelolaan Satwaliar, Ekologi Satwaliar, Perencanaan Konservasi, Pendidikan Konservasi, dan masih banyak lagi.

Gelar

S1 - Sarjana

Gelar Sarjana (S1) untuk jurusan Konservasi Sumberdaya Hutan adalah Sarjana Kehutanan (S.Hut.).

S2 - Magister

Gelar Magister (S2) untuk jurusan Konservasi Sumberdaya Hutan adalah Magister Kehutanan (M.Hut.) atau Magister Sains (M.Si.).

S3 - Doktoral

Gelar Doktoral (S3) untuk jurusan Konservasi Sumberdaya Hutan adalah Doktor (Dr.) Ilmu Kehutanan.

Prospek Kerja

Pegawai Kementerian Kehutanan Jurusan Konservasi Sumberdaya Hutan akan mempersiapkan lulusannya di berbagai bidang yang berkaitan dengan pelestarian dan pengelolaan sumberdaya alam, khususnya hutan. Oleh karena itu, bidang karier pertama yang bisa kamu ambil setelah lulus dari jurusan ini adalah menjadi pegawai di lembaga pemerintah atau swasta yang terkait dengan pengelolaan hutan, seperti Badan Lingkungan Hidup, Departemen Kehutanan, perusahaan perhutanan, dan lembaga konservasi alam. Ekowisatawan Selanjutnya, kamu juga bisa menjadi seorang ekowisatawan. Di bidang ini, kamu akan terlibat dalam pengembangan dan pengelolaan destinasi wisata alam yang berkelanjutan. Kamu akan merancang program-program ekowisata yang memperhatikan kelestarian lingkungan dan budaya lokal. Peneliti Lingkungan Bagi kamu yang punya visi untuk melestarikan hutan dalam jangka panjang, bisa banget mengabdikan diri sebagai seorang peneliti. Kamu dapat melakukan penelitian ilmiah tentang berbagai aspek konservasi sumberdaya hutan dan ekowisata, seperti penelitian tentang biodiversitas, pola migrasi satwa liar, pengaruh perubahan iklim terhadap ekosistem hutan, dan lain-lain. Pengelola Wisata Alam Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang beragam. Oleh karena itu, banyak juga cagar alam, maupun tempat wisata alam untuk merawat serta melestarikan flora dan fauna yang dilindungi. Sebagai lulusan Konservasi Hutan, kamu bisa menjadi seorang pengelola tempat wisata alam. Di bidang ini, kamu bertanggung jawab atas operasional dan pengelolaan destinasi wisata alam, termasuk memastikan kelestarian lingkungan, kesejahteraan masyarakat lokal, dan pengalaman wisata yang berkualitas bagi pengunjung.
Data ini bermasalah?

Universitas yang mempunyai Jurusan ini

PTN

Akreditasi Unggul

Institut Pertanian Bogor

Kab. Bogor, Jawa Barat

IPB University, sebelumnya bernama Institut Pertanian Bogor adalah perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Bogor, Jawa Barat. Awalnya, IPB merupakan fakultas pertanian dari Universitas Indonesia. Namun, pada tahun 1963, IPB resmi lepas dari Universitas Indonesia dan berdiri sendiri menjadi sebuah institut pertanian. IPB dibentuk dari beberapa lembaga pendidikan menengah dan tinggi pertanian serta kedokteran hewan, yaitu Middelbare Landbouwschool, Middelbare Bosbouwschool, dan Nederlandsch Indische Veeartsenschool.

Selengkapnya

PTN

Akreditasi Unggul

Universitas Hasanuddin

Kota Makassar, Sulawesi Selatan

Universitas Hasanuddin atau yang sering disebut UNHAS merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang ada di Makassar, Sulawesi Selatan. Nama universitas ini diambil dari nama pahlawan nasional asal Makassar yang memiliki julukan ayam jantan dari timur, Sultan Hasanuddin. Awalnya UNHAS hanya memiliki 3 fakultas yaitu Hukum, Kedokteran, dan FKIP. Seiring berjalannya waktu, kini UNHAS memiliki banyak fakultas dan program studi. UNHAS juga mengembangkan program pascasarjana untuk S2 dan S3.

Selengkapnya

Cari tau peluangmu lewat Tryout ruanguji!

Tryout UTBK 2022 Flexi Episode 32
Sedang berlangsung

Tryout UTBK 2022 Flexi Episode 32

Tryout UTBK 2022 Flexi Episode 31
Sedang berlangsung

Tryout UTBK 2022 Flexi Episode 31

Jurusan yang sejenis

Budidaya Kehutanan
Budidaya Perikanan
Hortikultura
Ilmu Hama dan Penyakit Tanaman
Ilmu Peternakan
Pemuliaan Tanaman
Produksi Ternak
Teknologi Pasca Panen
Teknologi Perkebunan

Ruangguru HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

  • Brain Academy Online
  • English AcademyBaru
  • Skill Academy
  • Ruangkerja

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved