Menu

Manajemen Transportasi

Manajemen Transportasi

Deskripsi

Manajemen Transportasi adalah program studi yang mengkaji tentang pengoperasian, perancangan, pemeliharaan, perencanaan di berbagai jenis transportasi, mencakup transportasi darat, laut, maupun udara. Selain itu, kamu juga akan mempelajari cara menghitung operasional biaya kendaraan, analisis kebijakan tarif, analisis rute efektif, dan analisa pemakaian bahan bakar. Jurusan ini merupakan perpaduan antara bidang Teknik dan ilmu Manajemen. Program studi ini tersedia pada jenjang Diploma 3 (D3) dan Strata 1 (S1).

Keahlian

Kemampuan untuk menganalisis dan intrepretasi data

Kemampuan untuk memimpin tim

Kemampuan untuk berkomunikasi dengan jelas dan efektif, baik secara lisan maupun tulisan

Kreatif dan inovatif

Mata kuliah yang dipelajari

Mata kuliah yang akan dipelajari dalam jurusan Manajemen Transportasi dapat bervariasi, tergantung pada program studi dan kurikulum universitas tertentu. Beberapa mata kuliah umum yang sering diajarkan dalam program Manajemen Transportasi, di antaranya Pengantar Manajemen, Aplikasi Komputer, Sistem Informasi Manajemen, Keimigrasian, Pelayanan Prima, Bisnis Internasional Ground Handling, Manajemen Bandar Udara, Manajemen Logistik, Ticketing & Reservation, Aviation Knowledge, Flight Plan, Tourism Knowledge, dan masih banyak lagi.

Gelar

D3 - Ahli Madya

Gelar Diploma III (D3) untuk jurusan Manajemen Transportasi adalah Ahli Madya Transportasi (A.Md.Tra.).

D4 - Sarjana Terapan

Gelar Diploma IV (D4) untuk jurusan Manajemen Transportasi adalah Sarjana Terapan Transportasi (S.Tr.Tra.).

Prospek Kerja

Manajer Transportasi Jurusan Manajemen Transportasi akan mempersiapkan lulusannya untuk siap bekerja di berbagai profesi yang berkaitan dengan pengelolaan, pengembangan, dan pengaturan sistem transportasi. Oleh karena itu, bidang pekerjaan pertama yang bisa kamu tekuni setelah lulus dari jurusan ini adalah menjadi seorang manajer transportasi. Di sini, kamu bertanggung jawab atas perencanaan, pengelolaan, dan pengawasan operasi transportasi di perusahaan atau instansi pemerintah. Perencana Transportasi Selain menjadi manajer, di bidang yang sama, kamu juga bisa menjadi seorang perencana yang merancang dan mengembangkan rencana transportasi untuk memperbaiki efisiensi, keamanan, dan keberlanjutan sistem transportasi suatu kota atau wilayah. Spesialis Logistik Kamu juga bisa menjadi seorang spesialis logistik,loh. Di bidang profesi ini, kamu bertanggung jawab atas pengelolaan rantai pasok dan distribusi barang dari produsen ke konsumen dengan efisien. Manajer Terminal Pernah mendengar profesi satu ini? Sebagai manajer terminal, kamu akan mengelola operasi terminal atau stasiun transportasi, seperti bandara, pelabuhan, atau terminal bus, untuk memastikan kelancaran dan keamanan proses bongkar muat dan pelayanan kepada penumpang.
Data ini bermasalah?

Universitas yang mempunyai Jurusan ini

Cari tau peluangmu lewat Tryout ruanguji!

Tryout UTBK 2022 Flexi Episode 32
Sedang berlangsung

Tryout UTBK 2022 Flexi Episode 32

Tryout UTBK 2022 Flexi Episode 31
Sedang berlangsung

Tryout UTBK 2022 Flexi Episode 31

Jurusan yang sejenis

Manajamen Industri
Manajemen
Manajemen Syariah
Teknik Industri

Ruangguru HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

  • Brain Academy Online
  • English AcademyBaru
  • Skill Academy
  • Ruangkerja

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved