Menu

Pendidikan Ekonomi

Pendidikan Ekonomi

Deskripsi

Jurusan Pendidikan Ekonomi adalah jurusan yang mempelajari tentang ilmu ekonomi dan pendidikan. Jurusan ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam bidang ekonomi dan pendidikan, serta mampu menerapkannya dalam dunia kerja. Jurusan ini menawarkan prospek kerja yang luas dan menjanjikan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi calon mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi pertama, memiliki minat yang kuat di bidang ekonomi dan pendidikan. Kedua, memiliki kemampuan analisis yang baik.

Keahlian

Kemampuan dalam bidang ekonomi, yang meliputi pemahaman tentang teori dan konsep ekonomi, serta kemampuan untuk mengaplikasikan ilmu ekonomi dalam berbagai bidang.

Kemampuan dalam bidang pendidikan, yang meliputi pemahaman tentang teori dan konsep pendidikan, serta kemampuan untuk mengajar dan mendidik siswa.

Kemampuan dalam bidang penelitian, yang meliputi kemampuan untuk melakukan penelitian ekonomi dan pendidikan, serta kemampuan untuk menganalisis data dan hasil penelitian.

Mata kuliah yang dipelajari

Ketika kamu masuk di jurusan Pendidikan Ekonomi, kamu akan belajar banyak sekali mata kuliah ekonomi seperti: Ekonomi Dasar, Teori Ekonomi Mikroekonomi, Teori Ekonomi Makroekonomi, Ekonomi Pembangunan, Metodologi Penelitian Pendidikan Ekonomi, Evaluasi Pendidikan Ekonomi, Ekonomi Pertanian, Ekonomi Keuangan, Ekonomi Internasional, Teori dan Praktik Manajemen, Managemen SDM, Managemen Keuangan, Managemen Pemasaran. Berbeda dengan jurusan ilmu ekonomi, pendidikan ekonomi akan mempelajari tentang bagaimana proses pembelajaran di dalam kelas, management kelas dan siswa, mempelajari kurikulum pendidikan ekonomi, mempelajari psikologi anak, dan pedagogic.

Gelar

S1 - Sarjana

Gelar yang akan kamu dapat jika berkuliah di Jurusan ini adalah S. Pd. (Sarjana Pendidikan). Semua kampus sama menggunakan gelar ini ya.

S2 - Magister

Gelar yang akan kamu dapatkan nanti jika melanjutkan kuliah di jurusan ini adalah M. Pd. (Magister Pendidikan). Gelar ini akan sama semuanya di universitas yang ada di Indonesia ya.

S3 - Doktor

Gelar yang akan kamu dapatkan adalah DR (Doktor) gelar ini akan sama kamu dapatkan dengan semua jurusan yang ada di Indonesia karena untuk tingkat ini gelar hanya ada satu macam yakni Doktor saja.

Prospek Kerja

Dosen
Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
Peneliti
Peneliti adalah orang yang melakukan penelitian untuk memperoleh pengetahuan baru atau mengembangkan pengetahuan yang sudah ada.
Guru SMP
Guru SMP adalah pendidik profesional yang bertugas mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan dasar dan menengah di sekolah menengah pertama.
Guru SMA
Guru SMA adalah pendidik profesional yang bertugas mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan dasar dan menengah di sekolah menengah atas.
Praktisi Ekonomi
Praktiki ekonomi adalah orang yang bekerja di bidang ekonomi, seperti bank, perusahaan, atau lembaga pemerintah.
Analis Ekonomi
Analis ekonomi adalah orang yang menganalisis data ekonomi untuk menghasilkan informasi yang berguna untuk pengambilan keputusan.
Konsultan Ekonomi
Konsultan ekonomi adalah orang yang memberikan jasa nasihat dan saran kepada klien dalam bidang ekonomi.
PNS
PNS adalah pegawai negeri sipil yang bekerja di instansi pemerintah.
Dalam konteks jurusan Pendidikan Ekonomi, PNS dapat bekerja sebagai:
- Guru di sekolah negeri.
- Pegawai di kementerian/lembaga pemerintah yang berkaitan dengan ekonomi, seperti Kementerian Keuangan, Kementerian Perdagangan, dan Bank Indonesia.
- Pegawai di lembaga pemerintah daerah yang berkaitan dengan ekonomi, seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan Dinas Koperasi dan UMKM.
Data ini bermasalah?

Universitas yang mempunyai Jurusan ini

PTN

Akreditasi Unggul

Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Kota Surabaya, Jawa Timur

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) melekat dengan sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia. Pendirian ITS dipelopori oleh para pejuang kemerdekaan Republik Indonesia sejak tahun 1957, melibatkan dr. Angka Nitisastro, Soedjasmono, Kyai Haji Yahya Hasyim, dan didukung oleh Roeslan Abdulgani. Motto baru untuk semangat baru dalam menciptakan inovasi melalui teknologi dan pengetahuan bagi masyarakat. Memajukan Kemanusiaan dipilih untuk menjadi motivasi baru dalam terus berperan aktif bagi peradaban manusia sesuai cita-cita ITS. Vivat!

Selengkapnya

PTN

Akreditasi A

Universitas Haluoleo

Kota Kendari, Sulawesi Tenggara

Universitas Halu Oleo, disingkat UHO, adalah perguruan tinggi negeri di Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia, yang berdiri tahun 1964 sebagai perguruan tinggi swasta filial dari Universitas Hasanuddin Makassar. Hingga saat ini, UHO memiliki prestasi internasional di berbagai bidang, seperti robotik, desain, paduan suara, debat, olahraga, jurnal dan lainnya. Kampus ini juga emiliki teknologi dan sistem informasi pembelajaran yang sangat unggul untuk mendukung proses pembelajaran baik.

Selengkapnya

PTN

Akreditasi B

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim

Kota Pekanbaru, Riau

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau merupakan hasil pengembangan atau peningkatan status pendidikan dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sulthan Syarif Qasim Pekanbaru. Dengan persetujuan Pemerintah Daerah, maka Institut Agama Islam Negeri Pekanbaru ini diberi nama dengan Sulthan Syarif Qasim, yaitu nama Sulthan Kerajaan Siak Sri Indrapura ke-12 atau terakhir, yang juga nama pejuang nasional asal Riau. Pengambilan nama ini mengingat jasa-jasa dan pengabdian beliau terhadap negeri, termasuk di bidang pendidikan.

Selengkapnya

PTN

Akreditasi B

Universitas Jambi

Kab. Muaro Jambi, Jambi

Universitas Jambi (UNJA) adalah salah satu perguruan tinggi negeri unggulan yang berada di provinsi Jambi, Indonesia. Universitas ini didirikan pada 23 Maret 1963, yang dipimpin oleh Kolonel M. Joesoef Singedekane sebagai ketua presidium. Dengan mengusung visi World Entrepreneurship University, UNJA menyelenggarakan berbagai jenjang pendidikan tinggi, mulai dari program Diploma, Sarjana, hingga Pascasarjana.

Selengkapnya

PTN

Akreditasi A

Universitas Jember

Kab. Jember, Jawa Timur

Universitas Jember (UNEJ) adalah perguruan tinggi negeri yang terletak di Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur. Pada awal berdirinya, universitas ini memiliki 5 fakultas, yakni Fakultas Hukum di Jember, dengan cabangnya di Banyuwangi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Pertanian di Jember, Fakultas Ekonomi, Fakultas Sastra di Banyuwangi. Sejak lebih dari 50 tahun menyelenggarakan pendidikan tingkat tinggi, kini Universitas Jember memiliki 15 fakultas yang menyediakan program pendidikan tingkat Diploma, Sarjana, hingga Pascasarjana yang membawahi lebih dari 100 program studi.

Selengkapnya

Cari tau peluangmu lewat Tryout ruanguji!

Tryout UTBK 2022 Flexi Episode 32
Sedang berlangsung

Tryout UTBK 2022 Flexi Episode 32

Tryout UTBK 2022 Flexi Episode 31
Sedang berlangsung

Tryout UTBK 2022 Flexi Episode 31

Jurusan yang sejenis

Pendidikan Administrasi Perkantoran
Pendidikan Akuntansi
Pendidikan Ekonomi Koperasi
Pendidikan Koperasi
Pendidikan Tata Niaga

Ruangguru HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

  • Brain Academy Online
  • English AcademyBaru
  • Skill Academy
  • Ruangkerja

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved