Menu

Pendidikan Fisika

Pendidikan Fisika

Deskripsi

Jurusan Pendidikan Fisika adalah program studi yang mempelajari tentang ilmu fisika dan penerapannya dalam konteks pendidikan dan pengajaran. Jurusan ini membekali mahasiswanya dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi guru fisika yang profesional. Tujuan dari jurusan Pendidikan Fisika adalah untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional serta mampu membangun pembelajaran berbasis ICT, mampu berwirausaha dalam bidang pendidikan maupun bidang non kependidikan, serta mampu menghasilkan karya ilmiah di bidang pendidikan fisika.

Keahlian

Mampu memahami dan menerapkan landasan kependidikan

Mampu menyusun kurikulum dan silabus

Mampu melaksanakan pembelajaran yang efektif

Mampu menilai hasil belajar

Mampu mengembangkan profesionalisme

Memiliki kepribadian yang mantap dan stabil

Memiliki sikap dan perilaku yang mencerminkan pendidik

Memiliki sikap dan perilaku yang mencerminkan kewibawaan

Memiliki sikap dan perilaku yang mencerminkan empati

Mampu memecahkan masalah

Memiliki pengetahuan yang luas dan mendalam tentang fisika

Mampu menerapkan pengetahuan fisika dalam pembelajaran

Mampu mengembangkan media pembelajaran fisika

Mampu melakukan penelitian di bidang fisika

Mata kuliah yang dipelajari

Berikut adalah beberapa mata kuliah yang nantinya akan kamu temui jika berkuliah di Jurusan Pendidikan Fisika sebagai berikut: Fisika Dasar, Mekanika Newton, Termodinamika, Psikologi Pendidikan, Manajemen Pendidikan, Mekanika Lagrange, Optika Geometri dan Fisis, Fisika Atom, Fisika Zat Padat, Elektronika Analog, Praktikum Fisika Dasar, Praktikum Fisika Atom, Matematika Untuk Fisika, Pemrograman Komputer. Mata Kuliah tersebut bisa jadi di memiliki tambahan mata kuliah yang lain tergantung dari kebijakan jurusan dan universitannya.

Gelar

S1 - Sarjana

Gelar yang akan kamu dapat jika berkuliah di Jurusan ini adalah S. Pd. (Sarjana Pendidikan). Semua kampus sama menggunakan gelar ini ya.

S2 - Magister

Gelar yang akan kamu dapatkan nanti jika melanjutkan kuliah di jurusan ini adalah M. Pd. (Magister Pendidikan). Gelar ini akan sama semuanya di universitas yang ada di Indonesia ya.

S3 - Doktor

Gelar yang akan kamu dapatkan adalah DR (Doktor) gelar ini akan sama kamu dapatkan dengan semua jurusan yang ada di Indonesia karena untuk tingkat ini gelar hanya ada satu macam yakni Doktor saja.

Prospek Kerja

Guru Fisika Prospek kerja utama bagi lulusan Pendidikan Fisika adalah menjadi guru fisika di berbagai jenjang pendidikan, mulai dari SMP, SMA, SMK, hingga perguruan tinggi. Guru fisika bertanggung jawab untuk mengajar mata pelajaran fisika kepada siswa dan membantu mereka memahami konsep-konsep fisika dengan cara yang menarik dan mudah dipahami. Tenaga Pengajar di Lembaga Bimbingan Belajar Lulusan Pendidikan Fisika juga dapat bekerja sebagai tenaga pengajar di lembaga bimbingan belajar (bimbel). Di bimbel, mereka dapat membantu siswa untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian sekolah, ujian masuk perguruan tinggi, atau olimpiade fisika. Dosen Fisika Lulusan Pendidikan Fisika yang memiliki kualifikasi magister (S2) atau doktor (S3) dapat menjadi dosen fisika di perguruan tinggi. Dosen fisika bertanggung jawab untuk mengajar mata pelajaran fisika kepada mahasiswa, membimbing penelitian mahasiswa, dan melakukan penelitian di bidang fisika. Peneliti di Bidang Fisika Lulusan Pendidikan Fisika yang memiliki minat dalam penelitian dapat bekerja sebagai peneliti di bidang fisika. Peneliti fisika bertugas untuk melakukan penelitian di berbagai bidang fisika, seperti fisika material, fisika nuklir, fisika partikel, dan lain sebagainya. Industri dan Teknologi Lulusan Pendidikan Fisika juga memiliki peluang kerja di industri dan teknologi. Mereka dapat bekerja di berbagai perusahaan yang bergerak di bidang teknologi, seperti perusahaan manufaktur, perusahaan telekomunikasi, dan perusahaan energi. Di perusahaan-perusahaan tersebut, mereka dapat bekerja sebagai ahli fisika, konsultan fisika, atau quality control.
Data ini bermasalah?

Universitas yang mempunyai Jurusan ini

PTN

Akreditasi B

Universitas Bengkulu

Kota Bengkulu, Bengkulu

Universitas Bengkulu, atau disingkat UNIB, adalah salah satu perguruan tinggi negeri yang berdiri sejak 24 April 1982. Lokasi Unib terbagi menjadi 4 kampus dengan lokasi kampus yang berbeda, yakni Kampus Cimanuk, Kampus Kandang Limun (Kompleks Kampus Utama), Kampus Air Sebakul, dan Kampus Padang Harapan. Universitas Bengkulu diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan berdasarkan Keppres Nomor 17 Tahun 1982. Setelah Unib diresmikan, pada waktu yang sama dilantik Rektor Unib yang pertama, yakni Prof. Ir. Soenjoto Sumodihardjo.

Selengkapnya

PTN

Akreditasi B

Universitas Cenderawasih

Kota Jayapura, Papua

Universitas Cenderawasih Jayapura, didirikan oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. Soekarno, pada Tanggal 10 November 1962, dengan tujuan untuk memberikan akses dan kesempatan serta pelayanan pendidikan tinggi bagi masyarakat di Tanah Papua. Sejak berdiri, hingga saat ini, Universitas Cenderawasih terus berupaya meningkatkan kinerja dan mutu pelayanan pendidikan tinggi kepada masyarakat, dengan meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan, inovasi media pembelajaran dan metode pembelajaran, serta meningkatkan akreditasi program studi di setiap Fakultas dan Program Pascasarjana.

Selengkapnya

PTN

Akreditasi A

Universitas Haluoleo

Kota Kendari, Sulawesi Tenggara

Universitas Halu Oleo, disingkat UHO, adalah perguruan tinggi negeri di Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia, yang berdiri tahun 1964 sebagai perguruan tinggi swasta filial dari Universitas Hasanuddin Makassar. Hingga saat ini, UHO memiliki prestasi internasional di berbagai bidang, seperti robotik, desain, paduan suara, debat, olahraga, jurnal dan lainnya. Kampus ini juga emiliki teknologi dan sistem informasi pembelajaran yang sangat unggul untuk mendukung proses pembelajaran baik.

Selengkapnya

PTN

Akreditasi Unggul

Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Kota Palembang, Sumatera Selatan

Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah adalah perguruan tinggi islam negeri di Palembang. UIN Palembang diberi nama Raden Fatah, yang mengacu pada seorang ulama dari Palembang dan pendiri Kerajaan Demak. UIN Raden Fatah kini terus berusaha untuk menjadi universitas yang memberikan pendidikan bernilai dan bermoral kepada mahasiswa dengan menanamkan ilmu keislaman untuk menghasilkan lulusan yang bertakwa, berakhlak mulia, cerdas, terampil, dan bertanggung jawab.

Selengkapnya

PTN

Akreditasi Unggul

Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta adalah bentuk perguruan tinggi Islam negeri di Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan akademik pada sejumlah disiplin ilmu pengetahuan, termasuk ilmu pengetahuan di luar studi keislaman. Sejak tahun 2021, UIN Sunan Kalijaga telah resmi menyandang gelar Perguruan Tinggi yang terakreditasi Unggul, berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Hingga kini, ada 61 program studi yang terselenggara di UIN Sunan Kalijaga, mulai dari program sarjana, magister, doktor, serta program internasional.

Selengkapnya

Cari tau peluangmu lewat Tryout ruanguji!

Tryout UTBK 2022 Flexi Episode 32
Sedang berlangsung

Tryout UTBK 2022 Flexi Episode 32

Tryout UTBK 2022 Flexi Episode 31
Sedang berlangsung

Tryout UTBK 2022 Flexi Episode 31

Jurusan yang sejenis

Ilmu Pendidikan Teknik dan Kejuruan

Ruangguru HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

  • Brain Academy Online
  • English AcademyBaru
  • Skill Academy
  • Ruangkerja

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved