Menu

Teknologi Hasil Pertanian

Teknologi Hasil Pertanian

Deskripsi

Jurusan Teknologi Hasil Pertanian merupakan jurusan yang mempelajari tentang penggunaan, pemeliharaan, dan juga pengembangan alat serta mesin untuk budidaya pertanian.

Keahlian

Menguasai pengetahuan tentang prinsip-prinsip ilmu hasil pertanian (kimia dan analisishasil pertanian, mikrobiologi dan keamanan pangan, rekayasa proses pengolahan hasil pertanian, biokimia pangan dan gizi) untuk diformulasikan dalam teknik perancangan proses secara terpadu dan berkelanjutan.

Memiliki kemampuan merancang proses penambahan nilai terhadap bahan hasil pertanian berdasarkan prinsip teknologi hasil pertanian secara berkelanjutan dengan memadukan berbagai unit operasi untuk menghasilkan produk hasil pertanian yang aman, bergizi, dan bermutu.

Memiliki kemampuan berkomunikasi secara lisan dan tulisan tentang aspek teknis dan non-teknis, berfikir secara kritis dan bertanggung jawab atas pekerjaannya secara mandiri, bekerja dalam tim, berinteraksi dengan orang yang berbeda latar belakang, terampil dalam berorganisasi dan memimpin dalam berbagai situasi, memanfaatkan sumber-sumber informasi, serta memiliki komitmen terhadap profesionalisme dan nilai-nilai etika.

Memiliki kemampuan untuk menumbuhkembangkan jiwa/karakter kewirausahaan, dan siap menjadi wirausaha.

Mata kuliah yang dipelajari

Kalau kamu ingin lulus dari jurusan teknologi hasil pertanian dan menyandang gelar sarjana teknologi hasil pertanian, maka kamu harus menemui mata kuliah seperti Biokimia Pangan, Ekonomi Teknik, Fisika, Kimia Fisika, Mikrobiologi Umum, Satuan Operasi, Fisiologi dan Teknologi Pasca Panen, Ilmu Gizi dan Pangan, Kimia Pangan, Pengetahuan Bahan dan Satuan Operasi.

Gelar

D3 - Ahli Madya

Gelar ini didapatkan setelah minimal menyelesaikan masa perkuliahan selama 3 tahun atau 6 semester, gelar yang akan didapatkan adalah Ahli Madya atau A.Md

S1 - Sarjana

Setelah menempuh pendidikan selama 8 semester, lulusan dari prodi Teknologi Hasil Pertanian, yaitu Sarjana Teknologi Pertanian (S.Tp).

S2 - Magister

Gelar S2 jurusan Teknologi Hasil Pertanian adalah Magister Sains (M.Si.).

S3 - Doktoral

Sementara untuk gelar S3, kamu akan mendapatkan tambahan Dr. pada awal nama kamu.

Prospek Kerja

Ahli Teknologi Pangan Mampu bekerja di bidang industri pangan/pengolahan hasil pertanian, pengembangan proses dan produk pangan yang bermutu, bergizi dan aman, serta pengendalian dan jaminan mutu pangan. Manajer Industri Pangan Mempunyai kemampuan mengelola sumber daya industri pangan dan hasil pertanaian. Pendidik Mempunyai kemampuan sebagai pendidik di bidang teknologi hasil pertanian. Wirausaha di bidang pangan Mampu menciptakan dan mengembangkan industri pangan dan hasil pertanian. Pegawai Badan Pengawasan Obat dan Makanan atau BPOM Bertugas untuk meneliti dan memastikan keamanan dari sebuah obat ataupun makanan yang akan diberikan kepada masyarakat. Manajer Produksi Profesi ini bertugas untuk melakukan koordinasi, perencanaan, dan kontrol proses produksi. Product Developer Profesi ini bertanggung jawab untuk mengembangkan produk baru atau yang sudah ada, sehingga perusahaan bisa memenuhi kebutuhan pelanggan dengan lebih maksimal.
Data ini bermasalah?

Universitas yang mempunyai Jurusan ini

PTN

Akreditasi Unggul

Universitas Andalas

Kota Padang, Sumatera Barat

Universitas Andalas (biasa disingkat dengan UNAND) adalah perguruan tinggi negeri Indonesia yang terletak di Kota Padang, Sumatra Barat, Indonesia. Universitas ini merupakan universitas tertua di luar Pulau Jawa yang dibuka secara resmi pada tanggal 23 Desember 1955 oleh Wakil Presiden Mohammad Hatta. Pada saat itu, Unand adalah universitas keempat yang diresmikan oleh Pemerintah Indonesia. Universitas Andalas terdiri dari lima belas fakultas dengan kampus utama di Limau Manis, Padang. Terdapat pula kampus-kampus lain di Padang, Payakumbuh, dan Dharmasraya.

Selengkapnya

PTN

Akreditasi Unggul

Universitas Gadjah Mada

Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Universitas Gadjah Mada atau UGM memiliki jati diri sebagai universitas nasional, universitas perjuangan, universitas pancasila, universitas kerakyatan, dan universitas pusat kebudayaan. Nama UGM diambil dari nama Mahapatih Gadjah Mada yang berhasil mempersatukan Nusantara. Diharapkan UGM berkembang menjadi universitas teladan, universitas perjuangan, universitas kerakyatan, universitas nasional, dan pusat kebudayaan.

Selengkapnya

PTN

Akreditasi B

Universitas Jambi

Kab. Muaro Jambi, Jambi

Universitas Jambi (UNJA) adalah salah satu perguruan tinggi negeri unggulan yang berada di provinsi Jambi, Indonesia. Universitas ini didirikan pada 23 Maret 1963, yang dipimpin oleh Kolonel M. Joesoef Singedekane sebagai ketua presidium. Dengan mengusung visi World Entrepreneurship University, UNJA menyelenggarakan berbagai jenjang pendidikan tinggi, mulai dari program Diploma, Sarjana, hingga Pascasarjana.

Selengkapnya

PTN

Akreditasi A

Universitas Jember

Kab. Jember, Jawa Timur

Universitas Jember (UNEJ) adalah perguruan tinggi negeri yang terletak di Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur. Pada awal berdirinya, universitas ini memiliki 5 fakultas, yakni Fakultas Hukum di Jember, dengan cabangnya di Banyuwangi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Pertanian di Jember, Fakultas Ekonomi, Fakultas Sastra di Banyuwangi. Sejak lebih dari 50 tahun menyelenggarakan pendidikan tingkat tinggi, kini Universitas Jember memiliki 15 fakultas yang menyediakan program pendidikan tingkat Diploma, Sarjana, hingga Pascasarjana yang membawahi lebih dari 100 program studi.

Selengkapnya

PTN

Akreditasi Unggul

Universitas Lampung

Kota Bandar Lampung, Lampung

Universitas Lampung (Unila) adalah perguruan tinggi negeri pertama dan tertua di Provinsi Lampung, Indonesia. Dies Natalis Unila ditetapkan pada tanggal 23 September 1965. Unila lahir atas keinginan dan harapan masyarakat untuk memiliki perguruan tinggi di daerah mereka, karena banyak pelajar lulusan SMA di Lampung yang harus pergi ke Jawa atau Palembang untuk melanjutkan pendidikannya. Saat ini, Unila memiliki 1 Program Pascasarjana dan 8 fakultas yang menaungi 107 program studi untuk tingkat diploma, sarjana, magister, doktor, dan profesi.

Selengkapnya

Cari tau peluangmu lewat Tryout ruanguji!

Tryout UTBK 2022 Flexi Episode 32
Sedang berlangsung

Tryout UTBK 2022 Flexi Episode 32

Tryout UTBK 2022 Flexi Episode 31
Sedang berlangsung

Tryout UTBK 2022 Flexi Episode 31

Jurusan yang sejenis

Antropologi
Antropologi Tari
Arkeologi
Astronomi
Biologi
Biologi Farmasi
Bioteknologi dalam Industri
Bioteknologi Pertanian dan Perkebunan
Etnomusikologi
Filsafat
Fisika
Geofisika
Geografi
Geologi
Ilmu Gizi
Ilmu Pangan
Ilmu Sejarah
Ilmu Tanah
Kedokteran Hewan
Kimia
Meteorologi
Oseanografi (Oseanologi)
Pendidikan Sejarah
Pendidikan Sosiologi (Ilmu Sosial)
Pendidikan Sosiologi dan Antropologi
Penginderaan Jauh
Sosiologi
Sosiologi Agama
Sumberdaya Perairan
Teknik Geofisika

Ruangguru HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

  • Brain Academy Online
  • English AcademyBaru
  • Skill Academy
  • Ruangkerja

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved