Menu

Teknologi Informasi

Teknologi Informasi

Deskripsi

Program studi Teknologi Informasi adalah cabang ilmu yan mempelajari perancangan, implementasi, pengembangan dan manajemen terhadap sistem informasi yang berbasis komputer yakni perangkat keras dan perangkat lunak. Adanya jurusan ini untuk mengatasi dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang sering ditmukan oleh teknologi informasi pada sektor bisnis, pemerintah, kesehatan, dan lain-lain. Berbeda dengan jurusan sistem informasi, prodi ini lebih berfokus kepada aspek teknologi dan kemampuan praktis.

Keahlian

Mampu mengelola dan memelihara sistem informasi dan komputasi.

Mampu membangun aplikasi sesuai dengan spesifikasi yang diberikan, termasuk memahami bahasa pemrograman, basis data, dan desain.

Mampu berkomunikasi dan merancang media pembelajaran yang efektif untuk menjelaskan TIK.

Mampu melakukan perencanaan, pengelolaan dan implementasi pembelajaran.

Mampu mengevaluasi pembelajaran sesuai kurikulum yang telah ditetapkan.

Mata kuliah yang dipelajari

Kalau kamu ingin lulus dari jurusan teknologi informasi dan menyandang gelar sarjana teknik, maka kamu harus menemui mata kuliah seperti Matematika, Probabilitas dan Statistik, Sistem Digital & Mikroprosesor, Organisasi & Manajemen Perusahaan Industri, Pemodelan Basis Data, Algoritma dan Struktur Data, Jaringan Komputer, Sistem & Arsitektur Komputer, Analisis Kebutuhan Sistem, Sistem Multimedia, Pemrograman Integratif, Analisis Kebutuhan Enterprise, Layanan Sistem dan Teknologi Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Hukum & Etika Teknologi Informasi, Arsitektur Enterprise, Interaksi Manusia dengan Komputer dan Antarmuka

Gelar

D3 - Ahli Madya

Gelar ini didapatkan setelah minimal menyelesaikan masa perkuliahan selama 3 tahun atau 6 semester, gelar yang akan didapatkan adalah Ahli Madya Komputer atau A.Md.Kom

S1 - Sarjana

Setelah menempuh pendidikan selama 8 semester, lulusan dari prodi Teknologi Informasi, yaitu Sarjana Teknik (S.T) atau Sarjana Komputer (S.K).

S2 - Magister

Gelar S2 jurusan Teknologi Informasi adalah Magister Teknologi Informasi (M.T.I).

S3 - Doktoral

Sementara untuk gelar S3, kamu akan mendapatkan tambahan Dr. pada awal nama kamu.

Prospek Kerja

Perencana Bisnis Berkelanjutan Bertindak sebagai koordinator dalam menyusun upaya kelanjutan bisnis pasca krisis contoh kegiatannya seperti analisa resiko bisnis dan dampaknya terhadap kelanjutan bisnis, mengambil strategi berdasarkan analisa resiko dan men-dokumentasikan prosedur untuk melanjutkan bisnis pasca krisis. Analis Sistem Komputer Menganalisa baik dari sisi teknis, bisnis, dan masalah lain terkait pengolahan data untuk menerapkan dan meningkatkan sistem informasi dan komputer dalam sebuah organisasi dan perusahaan. Menganalisa kebutuhan pengguna, prosedur, dan masalah untuk otomatisasi atau memperbaiki sistem yang ada dan mengulas kemampuan sistem komputer dengan tujuan memperbaiki alur kerja, efisiensi dan efektiftas proses. Spesialis Support Pengguna Komputer Memberikan bantuan teknis dan support terkait hardware, software, jaringan kepada pengguna. Menjawab pertanyaan atau mengatasi masalah komputer untuk klien secara langsung, melalui telepon atau secara elektronik dan memberikan bantuan tentang penggunaan hardware, dan software, termasuk pemecahan masalah, instalasi, email, printer, jaringan, dan sistem operasi. Programmer Komputer Merancang, mengembangkan, memodifikasi, dan menguji code, form, dan script yang memungkinkan aplikasi komputer untuk dijalankan. Bekerja dari spesifikasi yang dibuat oleh pengembang software atau team terkait. Manager Sistem Komputer dan Informasi Merencanakan, mengarahkan, atau mengkoordinasikan kegiatan di bidang-bidang seperti pengolahan data elektronik, teknologi informasi, sistem informasi, analisa sistem, dan pemrograman komputer untuk membantu efisiensi, efektifitas proses dan alur kerja perusahaan/organisasi melalui teknologi informatika. Arsitek Sistem Komputer Mendesain dan mengembangkan solusi aplikasi untuk masalah yang kompleks, masalah pada sistem administrasi, atau masalah jaringan. Melakukan rancangan sistem manajemen dan fungsi integrasi. Developer Software, Aplikasi Mengembangkan, menciptakan, dan memodifikasi software aplikasi komputer atau program. Menganalisa kebutuhan pengguna, merancang dan mengembangkan solusi software.Java Programmer Java programmer bertanggung jawab dalam bidang pengembangan program java untuk membangun baik itu sebuah website, aplikasi, dan software. Java Programmer harus bisa menguasai beberapa skill seperti Oracle database, XML, X Query, Enterprise Java Beans, dan seterusnya.
Data ini bermasalah?

Universitas yang mempunyai Jurusan ini

PTN

Akreditasi Unggul

Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Kota Surabaya, Jawa Timur

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) melekat dengan sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia. Pendirian ITS dipelopori oleh para pejuang kemerdekaan Republik Indonesia sejak tahun 1957, melibatkan dr. Angka Nitisastro, Soedjasmono, Kyai Haji Yahya Hasyim, dan didukung oleh Roeslan Abdulgani. Motto baru untuk semangat baru dalam menciptakan inovasi melalui teknologi dan pengetahuan bagi masyarakat. Memajukan Kemanusiaan dipilih untuk menjadi motivasi baru dalam terus berperan aktif bagi peradaban manusia sesuai cita-cita ITS. Vivat!

Selengkapnya

PTN

Akreditasi Unggul

Universitas Brawijaya

Kota Malang, Jawa Timur

Universitas Brawijaya (UB) didirikan oleh Presiden Republik Indonesia melalui kawat no. 258/K/61 dikirim pada tanggal 11 Juli 1961. Nama Brawijaya ini diambil dari gelar Raja-Raja Majapahit, sebuah kerajaan besar di Indonesia dari abad ke-12 hingga ke-15. Saat ini UB merupakan salah satu universitas terkemuka di Indonesia dengan lebih dari 60.000 mahasiswa, dalam berbagai program vokasi, sarjana, magister, doktor, profesi, dan dokter spesialis.

Selengkapnya

PTN

Akreditasi Unggul

Universitas Gadjah Mada

Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Universitas Gadjah Mada atau UGM memiliki jati diri sebagai universitas nasional, universitas perjuangan, universitas pancasila, universitas kerakyatan, dan universitas pusat kebudayaan. Nama UGM diambil dari nama Mahapatih Gadjah Mada yang berhasil mempersatukan Nusantara. Diharapkan UGM berkembang menjadi universitas teladan, universitas perjuangan, universitas kerakyatan, universitas nasional, dan pusat kebudayaan.

Selengkapnya

PTN

Akreditasi Unggul

Universitas Islam Negeri Ar Raniry

Kota Banda Aceh, Aceh

Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Aceh, dengan nama besar yang dinisbahkan didepannya, yaitu nama seorang ulama dan mufti yang sangat berpengaruh pada masa Sultan Iskandar Tsani. Dengan pengalaman yang sangat banyak dan lama, kampus ini bisa jadi pilihan yang bagus untuk kamu melanjutkan studi. UIN Ar-Raniry kini memiliki total 9 fakultas dan program pascasarjana.

Selengkapnya

PTN

Akreditasi A

Universitas Islam Negeri Walisongo

Kota Semarang, Jawa Tengah

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Walisongo resmi menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo sejak 19 Desember 2014. Peresmian dan penandatanganan prasati dilakukan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka. Pemilihan nama Walisongo sendiri menjadi simbol sekaligus spirit bagi dinamika sejarah perguruan tinggi agama Islam terbesar di Jawa Tengah ini. UIN Walisongo terkenal sebagai kampus yang mengembangan paradigma keilmuan Unity of Science, Wahdatul Ulum, atau Kesatuan Ilmu dengan metafora Intan Berlian Ilmu.

Selengkapnya

Cari tau peluangmu lewat Tryout ruanguji!

Tryout UTBK-SNBT 2024 Episode 29 - PREMIUM
Sedang berlangsung

Tryout UTBK-SNBT 2024 Episode 29 - PREMIUM

11.5rb sudah mendaftar

[BONUS] Tes Seleksi Mandiri Episode 29
Sedang berlangsung

[BONUS] Tes Seleksi Mandiri Episode 29

11.5rb sudah mendaftar

Tryout UTBK 2022 Flexi Episode 32
Sedang berlangsung

Tryout UTBK 2022 Flexi Episode 32

Tryout UTBK 2022 Flexi Episode 31
Sedang berlangsung

Tryout UTBK 2022 Flexi Episode 31

Jurusan yang sejenis

Sistem Informasi
Teknik Informatika
Teknik Komputer
Teknik Perangkat Lunak
Teknik Telekomunikasi
Teknologi Pendidikan

Ruangguru HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

  • Brain Academy Online
  • English AcademyBaru
  • Skill Academy
  • Ruangkerja

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved