Menu

Teknik Kimia

Teknik Kimia

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

Rekomendasi Target Nilai Penerimaan

-
Peluang UTBK Tahun

Pendaftar

Loading...

Diterima

Loading...

Peluang

Loading...

Deskripsi

Program studi Industri Pertanian atau Agroindustri mempelajari tentang teknologi industri pertanian dengan model pembelajaran berbasis riset. Mahasiswa akan mendalami bidang agroindustri dengan penguasaan kaidah-kaidah penelitian yang bersifat filosofis, aplikatif, dan mandiri. Pembelajaran dengan dasar penelitian akan menghasilkan mahasiswa yang mampu menciptakan temuan baru dalam agrikultur dengan mengedepankan value inovatif serta dapat membuat karya ilmiah menarik yang layak dipublikasikan. <br/><br/>Mendengar kata ‘pertanian’ yang terbayang pasti sawah, menanam, mencangkul. Namun pada program studi Teknologi Industri Pertanian menitikberatkan pada proses kegiatan pasca panen. Artinya pada program studi ini akan dipelajari cara mengolah hasil pertanian agar menghasilkan produk-produk yang berkualitas tinggi.

Mata Kuliah yang dipelajari

Kalau kamu ingin lulus dari jurusan teknologi industri pertanian dan menyandang gelar sarjana teknik, maka kamu harus menemui mata kuliah seperti Biologi, Fisika Dasar, Kimia Dasar, Kalkulus, Pengantar Agroindustri, Matematika Industri, Pengantar Bioteknologi, Pengetahuan Bahan Hasil Pertanian, Biokimia, Mikrobiologi Umum, Analisis Bahan Hasil Pertanian, Dasar Teknik Proses dan Bioproses, Mikrobiologi Industri, Mesin dan Instrumentasi Industri, Ekonomi Teknik, Teknologi Pengolahan, Teknologi Fermentasi, Ilmu Gizi, Perencanaan Proyek Industri, Pengemasan, Penyimpanan dan Penggudangan, Teknologi Pengolahan Hasil Perairan

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

Website

upnjatim.ac.id

Prospek Kerja

Manajer Produksi Industri
Mengawasi jalannya kegiatan produksi sehari-hari. Ia merencanakan, mengarahkan, dan mengkoordinasikan kegiatan kerja dan sumber daya yang diperlukan untuk pembuatan produk sesuai dengan spesifikasi biaya, kualitas, serta kuantitas.
Peneliti dan Ahli Teknologi Pangan
Menggunakan ilmu kimia, mikrobiologi, teknik, dan ilmu lainnya untuk mempelajari dasar dari pemrosesan dan kerusakan makanan. Ia juga menganalisa bahan makanan untuk menentukan tingkat vitamin, lemak, gula, dan protein.Seorang peneliti dan ahli teknologi pangan menerapkan ilmu pangan untuk mendapatkan cara terbaik dalam pemrosesan, pengepakan, pengawetan, penyimpanan, dan distribusi makanan.
Pengusaha/Wirausahawan
Merencanakan, menjalankan, serta mengkoordinasikan sebuah kegiatan usaha secara independen. Tugas seorang pengusaha meliputi membuat kebijakan, mengawasi jalannya usaha, hingga mengatur penggunaan materi dan sumber daya manusia untuk kemudian bisa dijual kembali untuk mendapatkan keuntungan.
Manager Pertanian dan Peternakan
Merencanakan, mengarahkan, atau mengkoordinasikan manajemen atau operasi dari pertanian, peternakan, rumah kaca, operasi akuakultur, pembibitan, traktat kayu, atau perusahaan pertanian lainnya. Memungkinkan untuk mempekerjakan, melatih, atau mengawasi pekerja pertanian atau kontrak untuk layanan, untuk melaksanakan kegiatan sehari-hari dari operasi yang diatur. Memungkinkan untuk terlibat dalam pengawasan kegiatan penanaman, budidaya, panen, keuangan, atau pemasaran.
Ahli Teknik Pertanian
Ahli teknik pertanian bertanggung jawab mengidentifikasi dan memecahkan masalah pertanian misalnya, terkaitpasokan listrik, efisiensi peralatan dan mesin, polusi dan isu-isu lingkungan, konservasi tanah dan air, hingga penyimpanan dan pengolahan produk pertanian.
Dosen
Dosen adalah tenaga pendidik profesional bertugas mengajar dan membimbing mahasiswa sesuai dengan bidang kompetensi dan keahliannya.
Data ini bermasalah?

Universitas yang mempunyai Jurusan ini

PTN

Akreditasi Unggul

Institut Pertanian Bogor

Kab. Bogor, Jawa Barat

IPB University, sebelumnya bernama Institut Pertanian Bogor adalah perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Bogor, Jawa Barat. Awalnya, IPB merupakan fakultas pertanian dari Universitas Indonesia. Namun, pada tahun 1963, IPB resmi lepas dari Universitas Indonesia dan berdiri sendiri menjadi sebuah institut pertanian. IPB dibentuk dari beberapa lembaga pendidikan menengah dan tinggi pertanian serta kedokteran hewan, yaitu Middelbare Landbouwschool, Middelbare Bosbouwschool, dan Nederlandsch Indische Veeartsenschool.

Selengkapnya

PTN

Akreditasi Baik

Institut Teknologi Sumatera

Kab. Lampung Selatan, Lampung

Institut Teknologi Sumatera, disingkat ITERA, adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang terdapat di Provinsi Lampung di Pulau Sumatera. ITERA didirikan berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 124 Tahun 2014 tentang Pendirian Institut Teknologi Sumatera (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 253) yang ditetapkan Presiden Republik Indonesia Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 6 Oktober 2014 dan diundangkan tanggal 9 Oktober 2014.

Selengkapnya

PTN

Akreditasi Unggul

Universitas Andalas

Kota Padang, Sumatera Barat

Universitas Andalas (biasa disingkat dengan UNAND) adalah perguruan tinggi negeri Indonesia yang terletak di Kota Padang, Sumatra Barat, Indonesia. Universitas ini merupakan universitas tertua di luar Pulau Jawa yang dibuka secara resmi pada tanggal 23 Desember 1955 oleh Wakil Presiden Mohammad Hatta. Pada saat itu, Unand adalah universitas keempat yang diresmikan oleh Pemerintah Indonesia. Universitas Andalas terdiri dari lima belas fakultas dengan kampus utama di Limau Manis, Padang. Terdapat pula kampus-kampus lain di Padang, Payakumbuh, dan Dharmasraya.

Selengkapnya

PTN

Akreditasi B

Universitas Bangka Belitung

Kab. Bangka, Kepulauan Bangka Belitung

Kehadiran Universitas Bangka Belitung (UBB) adalah cita-cita yang telah lama mengakar dalam diri masyarakat Serumpun Sebalai. Ide pembentukan UBB telah menjadi pre Determinant dari pembentukan Provinsi. Impian yang telah dipetakan jauh-jauh hari sebelumnya provinsi Bangka Belitung lahir dan semakin mengemuka seiring dengan pembentukan provinsi Bangka Belitung berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2000 Tentang Pembentukan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pada tanggal 21 November 2000.

Selengkapnya

PTN

Akreditasi B

Universitas Bengkulu

Kota Bengkulu, Bengkulu

Universitas Bengkulu, atau disingkat UNIB, adalah salah satu perguruan tinggi negeri yang berdiri sejak 24 April 1982. Lokasi Unib terbagi menjadi 4 kampus dengan lokasi kampus yang berbeda, yakni Kampus Cimanuk, Kampus Kandang Limun (Kompleks Kampus Utama), Kampus Air Sebakul, dan Kampus Padang Harapan. Universitas Bengkulu diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan berdasarkan Keppres Nomor 17 Tahun 1982. Setelah Unib diresmikan, pada waktu yang sama dilantik Rektor Unib yang pertama, yakni Prof. Ir. Soenjoto Sumodihardjo.

Selengkapnya

Cari tau peluangmu lewat Tryout ruanguji!

Tryout UTBK 2022 Flexi Episode 32
Sedang berlangsung

Tryout UTBK 2022 Flexi Episode 32

Tryout UTBK 2022 Flexi Episode 31
Sedang berlangsung

Tryout UTBK 2022 Flexi Episode 31

Jurusan yang sejenis

Agribisnis
Akuntansi
Desain Komunikasi Visual
Ekonomi Pembangunan
Hubungan Internasional
Ilmu Administrasi
Ilmu Hukum
Ilmu Komunikasi
Kepariwisataan
Manajemen
Sistem Informasi
Statistika
Teknik Arsitektur
Teknik Industri
Teknik Informatika
Teknik Kimia
Teknik Lingkungan
Teknik Mesin
Teknik Sipil
Teknologi Hasil Hutan
Teknologi Hasil Ternak
Teknologi Industri Pertanian
Teknologi Pangan dan Gizi
Teknologi Pertanian

Ruangguru HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

  • Brain Academy Online
  • English AcademyBaru
  • Skill Academy
  • Ruangkerja

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved