Membuat Prinsip Animasi 2D

Membuat Prinsip Animasi 2D

Membuat Produk Animasi 2D

0%

Membuat Prinsip Animasi 2D

Membuat Produk Animasi 2D

0%

Kuis Akhir

Rangkuman

Pendahuluan Membuat Prinsip Animasi

Pendahuluan Membuat Prinsip Animasi

XP

125

GOLD

10

Squash and Stretch

Squash and Stretch

XP

125

GOLD

10

Kuis 1 Membuat Prinsip Animasi 2D

XP

50

GOLD

50

Anticipation and Staging

Anticipation and Staging

XP

125

GOLD

10

Kuis 2 Membuat Prinsip Animasi 2D

XP

50

GOLD

50

Straight Ahead and Pose To Pose

Straight Ahead and Pose To Pose

XP

125

GOLD

10

Kuis 3 Membuat Prinsip Animasi 2D

XP

50

GOLD

50

Follow Through and Overlapping Action

Follow Through and Overlapping Action

XP

125

GOLD

10

Kuis 4 Membuat Prinsip Animasi 2D

XP

50

GOLD

50

Slow In and Slow Out

Slow In and Slow Out

XP

125

GOLD

10

Kuis 5 Membuat Prinsip Animasi 2D

XP

50

GOLD

50

Arcs and Secondary Action

Arcs and Secondary Action

XP

125

GOLD

10

Kuis 6 Membuat Prinsip Animasi 2D

XP

50

GOLD

50

Appeal, Exaggeration, Solid Drawing

Appeal, Exaggeration, Solid Drawing

XP

125

GOLD

10

Kuis 8 Membuat Prinsip Animasi 2D

XP

50

GOLD

50

Rangkuman 1 Membuat Prinsip Animasi 2D

Tentang video dalam subtopik ini

Pendahuluan Membuat Prinsip Animasi

Kalau kamu perhatikan nih, sebenarnya prinsip animasi itu sangat dekat banget loh implementasinya dengan kehidupan sehari-hari. Contohnya seperti apa ya? Kamu harus nonton nih. Karena, di Bab ini, kita akan belajar bagaimana membuat produk animasi 2D menggunkan software Adobe® Animate®.

Squash and Stretch

Kamu tau ngga? Kalau pantulan bola basket pada saat kita main itu termasuk prinsip animasi loh. Kok bisa? Langsung ajadeh simak video ini ya, kita akan belajar prinsip animasi yang pertama yaitu squash and stretch. Kuy!

Anticipation and Staging

Dalam lomba lari, aba-aba "Persiapan!" digunakan oleh peserta untuk mempersiapkan diri di belakang garis start. Nah, dalam animasi juga dibutuhkan persiapan atau ancang-ancang loh. Itu masuk ke dalam prinsip Anticipation ya. Yuk, pelajari lebih lanjut!

Straight Ahead and Pose To Pose

Prinsip animasi straight ahead and pose to pose akan memudahkan kamu dalam menentukan kepadatan gambar nih, temen kreatif. Coba kita simak ya!

Follow Through and Overlapping Action

Dalam pembuatan animasi, banyak hal yangharus diperhatikan loh. Seperti, gerakan tangan yang saling silang, kibasan rambut, atau kedipan mata, dan masih banyak lagi. Waw, detail sekali ya. Nah, hal itu masuk ke dalam prinsip follow throught and overlapping action. Yuk, pelajari lebih lanjut di video ini.

Slow In and Slow Out

Kamu sadar ngga? Bahwa setiap gerakan itu memiliki percepatan dan perlambatan yang berbeda-beda. Nah, itu diatur dalam prinsip animasi slow in and slow out ini ya. Coba deh di simak, kuy!

Arcs and Secondary Action

Sistem pergerakan tubuh kita itu bergerak mengikuti pola atau jalur loh. Ngga hanya tubuh manusia aja, hewan dan tumbuhan juga ya. Pelajari lebih lanjut mengenai pola atau jalur ini pada video prinsip arcs and secondary action ini ya.

Timing and Spacing

Grim Natwick, seorang animator pernah berkata, “Animasi adalah tentang timing dan spacing”. Nah, dalam membuat animasi kita bisa menentukan waktu kapan sebuah gerakan, dengan menerapkan prinsip timing and spacing ini. Yuk, pelajari lebih lanjut!

Appeal, Exaggeration, Solid Drawing

Pernah nonton kartun yang karakternya sampe lebay ngga? Hehe itu adalah penerapan prinsip animasi loh. Di video ini kita akan belajar tiga jenis prinsip sekaligus nih, yaitu appeal, exaggeration dan solid drawing. Kuy, lansung tonton aja!